Kamis, 18 September 2014

New Mom




Setelah melewati lairan yang aduhai akhirnya saya ketiban sampur jadi ibu. Ibu baru dengan seabrek rutinitas baru yang bikin saya (dan suami tentunya) butuh adaptasi. Butuh belajar dan belajar lebih banyak lagi soal bayi dan pengasuhannya. Sebelum punya anak sih saya kira saya dah cukup belajar, cukup mahir dan cukup pengalaman soal bayi, ternyata betul sodara-sodara : saya cukup amatir :-D

Salah satunya nih, soal GS pada bayi. Growth spurt alias lompatan pertumbuhan yang bikin dedek yang kiyut jadi cabi dan pipinya gembil kayak bakpo. Siapa sih yang gak hepi bayinya membesar dan memanjang gitu. Tapi GS ini berefek pada berkurangnya ketentraman tidur saya. Bayi jadi banyak menyusu, lebih rewel dan berkurang porsi tidurnya. Lebih detil soal GS bisa sodara-sodara nanya ke pakdhe Gugel deh, soalnya kalo versi saya gak ilmiah ntar.

Yeah, GS itu diikuti dengan pola nenen yang terus menerus. Kayak si 'Ammar yang mendadak nemplok tiap satu jam, mimi teruuus. Persis perangko kena lem. Kalo kemaren-kemaren biasanya mimi sambil anteng trus tepar tidur, sepekan ini miminya riweh, ribut sambil ngerem-ngerem (berguman gak jelas), kakinya nendang-nendang dan sebentar-sebentar dilepas trus nangis minta asi lagi. Alhasil saya merasa mirip kucing peliharaan saya dulu kalo pas masa menyusui, ikut tepar dan gak bisa kemana-mana karena sebentar-sebentar si dedek kasih signal kelaparan.

Soal jadwal nenennya yang melonjak ini tadinya saya pikir asi saya kurang-ternyata kagak tuh. Posisi menyusui yang salah-enggak juga,udah sesuai pakem pelekatan menyusui. Atau karena dedek gak dapet hindmilk (asi kaya lemak dan mengenyangkan yang letaknya di belakang asi encer foremilk yang keluar di awal proses menyusui dan berfungsi ngilangin rasa haus)-sampai saya perah dulu sebelum kasih ke dedek biar dia dapet hindmilk, tapi kek nya juga enggak. Barulah hari ini saya dapet pencerahan soal periode GS yang terjadi di pekan dan bulan-bulan tertentu dalam masa tumbuh kembang bayi. Rasanya, AHA! Cling! (gambar lampu nyala).

Nah, gejala GS selanjutnya adalah rewel dan jam tidur yang berkurang. Kalo biasanya dia pules, bisa ditinggal macem-macem, ini bobonya cuma setengah jam, bobo satu jam itu jaraang banget, padahal udah ngadep kipas angin, deket pintu, dan sebelumnya udah digendong muter-muter sama abi-uminya dengan beragam pose. Asli dah, butuh variasi gaya saat gendong bayi yang rewel di fase ini, kadang diayun sambil jalan cepet en murojaah, kadang jalan pelan sambil nyenandungin pelan-pelan juga ato malah lari-lari kecil muterin rumah sama abinya sambil nyanyi merah saga, hihihi.

Malam hari adalah saat paling mendebarkan bagi newmom amatir macam saya kalo bayi lagi GS. Abis maghrib sih biasanya dia lelap bentar tapi abis isya sampai jam 24an saya ronda sambil nyanyi lagu begadangnya bang Haji. Masa-masa itu dedek maunya nenen sambil nangis, lepas, nenen lagi trus digendong gantian sama abi-uminya, jogging malam sampai kita mau tepar sementara si dedek masih seger buger nan rewel belom mau merem.

Pernah jam 21an kita bawa dedek naek motor, maksudnya biar dia ngantuk en bobo setelah seharian rewel. Emang bener sih, setelah muterin kompleks perumahan dia merem, sampe rumah langsung ngompol dan ngulet gak nyaman sambil nangis. Tepok jidat dah, lupa tadi gak dipakein pampers dulu. Akhirnya, ronda lagi dah.

Kepikiran juga sih buat ngasih asi perah pas malem dia nenen gaya tarik lepas kek gitu. Biar abi nya bisa bantuin nyusuin sementara saya bisa tepar, capek teu. Tapi kasian juga saya sama dedek en abinya. Kalo sufor sih gak kepikiran sama sekali, eman-eman anak saya. Bunda semua kalo gak darurat, mending jangan kasih sufor deh, udah mihil, gak ada apa-apanya dibanding asi. Pengen beli empeng juga buat menghalau nafsu menghisap dan rewelnya sampe malem, tapi baca efek empeng, wah, gak jadi juga dah. Selain dedek bisa bingung puting, secara medis juga banyak efek sampingnya. Mending ngalah deh rondaan malem-malem, tiap gendong sambil melangkah diniatin jihad biar lebih cetar membahana, hehehe.

Well, setelah melewati seminggu yang bikin mata kayak mata panda, tangan pegel dan betis makin subur, si 'Ammar udah mulai anteng lagi dan kembali ke rutinitas awalnya. Bobo anteng abis mandi pagi, nenennya juga udah gak nampak kelaparan kayak kemaren, 2-3 jam baru minta nenen, bobo juga lebih anteng.

Seneng banget nih abi-uminya, kayaknya butuh perayaan nih- meski bulan-bulan ke depan akan ada hari-hari penuh kejutan GS lagi. Tapi gak papa deh, asal abis itu bodi si dedek naik dan tambah sehat, saya maaah relaaaaa, hihihi. Maklum kita cuma berdua di rumah, orangtua baru, pemula nan amatir lagi, kebayang kan kalo lagi panik dikit-dikit gugling dan buka grupnya emak-emak soal bayi.

Padahal pernah loh sampe jam 12 malem saya gendong si dedek sendirian sementara abinya lagi mabit liqo, wah sampai berurai air mata gendongnya. Anak sama uminya sama-sama nangis, hehe. Makanya kalo lagi periode GS, maunya saya abinya di rumah terus-kalo perlu diiket biar gak pergi-pergi en bisa bantuin gantian gendongin si dedek sehari-semalam. Kagak perlu kerja en nyari duit- makan cinta aja, hahaha.

Masalah newborn bukan cuma GS loh. Soal cucian yang setumpuk akibat ompol, gumoh, keringetan juga jadi ajang olahraga cuci-cuci yang menyehatkan bagi kami. Suhu tubuh dedek naik dikiiit aja bikin kita langsung pasang termometer. Ada upil di idungnya bikin saya panik nyari cottonbud, khawatir dedek gak bisa nafas, ckckckck. Gak BAB sehari ajaaa bikin harap-harap cemas-padahal setau saya sih toleransi bayi asi gak BAB 14 hari loh. Ah, saya emang perlu banyaaaaaak sekali belajar dan terus belajar. Mengurangi rentetan keluhan saat lelah mengasuh dan menambah semangat mencintai si dedek dengan segala kebiasaannya. Bagaimanapun, anak memberikan lebih banyak kebahagiaan daripada secuil kerepotan ini. Betul kan ibu-ibu? Buat para calon ibu, gak usah parno, makin banyak menyiapkan diri insyaallah makin siap :-)

Tidak ada komentar: